Laman

Senin, 04 April 2016

Peternakan


Luas Areal Peternakan dan Potensi

Daerah potensial sebagai kawasan peternakan di Kabupaten Jembrana berkisar 32.421 km2 atau sekitar 38,51 % dari luas Wilayah Kabupaten Jembrana, yang terdiri dari daerah persawahan, perkebunan, tegalan dan lain sebagainya. Berbagai pepohonan seperti waru, bunut, nangka, rumput gajah rumput raja, rumput setaria dan rumput lapangan dapat tumbuh subur sebagai pakan ternak.


Jenis Hijauan Pakan Ternak

Jenis hijauan pakan ternak yang ada di Kabupaten Jembrana dan umum diberikan oleh peternak pada ternaknya antara lain:
  • Pepohonan seperti Waru, Bunut, kayu santen, Nangka, Sengon
  • Semak seperti Gamal, Daun ketela pohon, Ketela rambat, Kecipir, Batang pisang, daun kacang-kacangan dan sebaginya
  • Rumput seperti Rumput Gajah, Rumput Raja dan rumput lapangan lainya
Ketersediaan seluruh jenis pakan tersebut diatas masih dapat dikembangkan.

Jenis Ternak

Berbagai jenis ternak dipelihara oleh masyarakat Jembrana seperti sapi, kerbau, kambing, babi, ayam, itik dan lain sebagainya. Jumlah masing-masing jenis ternak yang ada di Kabupaten Jembrana adalah:


Untuk saat ini ternak tersebut masih dipelihara secara sambilan kecuali jenis ternak babi dan ayam ras sudah dipelihara secara pola usaha. Dan yang menjadi ternak unggulan bagi Kabupaten Jembrana pada saat ini adalah jenis ternak Sapi, Kambing dan Ayam Kampung. Pemeliharaan Ternak Sapi dikabupaten Jembrana lebih banyak mengarah ketujuan pembibitan dan mulai tahun 2000 dengan adanya kegiatan pola penyertaan dari pemerintah Daerah para peternak sudah mengarah ke tujuan penggemukan. Sedangkan untuk ternak kambing dan ayam buras juga lebih banyak dipelihara dengan tujuan pembibitan.

Sumber Daya Manusia

    Penduduk Jembrana berjumlah 307.804 jiwa,  dengan sex ratio Laki-laki 153.837 jiwa dan Perempuan 153.967 jiwa.
    Kelembagaan ditingkat petani ternak untuk mendukung pembangunan peternakan ada     5 (lima) kelompok yaitu kelompok tani ternak sapi, kelompok ternak kambing, kelompok ternak babi, kelompok ternak ayam buras, kelompok tani ternak kerbau dan kelompok tani ternak itik.

Populasi & Produksi

Populasi ternak yang ada di Kabupaten Jembrana mengalami fluktuasi sesuai data tahun 2006 - 2010 sehingga produksi yang dihasilkan juga mengalami fluktuasi baik produksi daging maupun telur seperti yang terlihat pada tabel dan grafik dibawah:

Produksi Daging Dalam 5 Tahun Terakhir (ton)


Produksi Telur Dalam 5 Tahun Terakhir (ton)


Investasi

Daya dukung lahan dan lokasi serta sumber daya manusia yang sangat potensial yang dimiliki oleh Kabupaten Jembrana pada sektor peternakan ini telah menarik minat beberapa investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Jembrana. Beberapa usaha di bidang peternakan yang telah ada di Kabupaten Jembrana seperti dibawah ini:



Sumber : Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

0 komentar:

Posting Komentar

Web Links

Media Sosial

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More