Laman

Senin, 04 April 2016

Sampah

Sampah


Jembrana terletak di Pulau Bali bagian Barat Daya. Mata pencaharian utama adalah sebagai Petani dan Nelayan. Jembrana mempunyai jumlah penduduk ±231.550 jiwa (±64.160 KK). Dimana hal tersebut akan menambah jumlah sampah sehingga akan menimbulkan pula permasalahan yang dramastis. Meskipun terjadinya sampah meningkat dari setiap rumah dapat direncanakan kembali, tetapi sampah tersebut dapat pula ditimbulkan oleh adanya pelayanan operasional Jawa – Bali dan arus bus sehingga akan memberikan kontribusi terhadap masalah yang ada. Adanya penambahan sampah yang signifikan dari Jawa pada saat air laut pasang di Teluk Gilimanuk, selama ini metode konvensional untuk menyelesaikan masalah yang ada. Bupati Jembrana bekerja sama dengan masyarakat berusaha mengurangi sampah dengan pengolahan sampah yang ramah lingkungan.

Metode Pengolahan dan Dampaknya

Metode pengolahan dan pendanaan mempunyai tingkat kesalahan 10% terhadap proyek pengolahan yang telah diimplementasikan.

Sasaran

Proyek daur ulang sampah di Kabupaten Jembrana ini merupakan salah satu percontohan pertama system daur ulang di Indonesia. Didasarkan pada hasilnya, kami yakin bahwa rencana ini disamping keuntungan dari pengolahan sampah secara efektif, juga adanya penambahan hasil pertanian dan menambah lapangan pekerjaan.

Meskipun proyek daur ulang sampah ini hanya membatasi ruang lingkup pada saat penelitiannya (10% di Kabupaten Jembrana), bagian-bagian ini sudah dapat diyakini akan berhasil dimasa akan datang walaupun adanya perubahan-perubahan yang kecil. Kami yakin bahwa proyek ini akan bermanfaat untuk menjaga lingkungan bukan hanya di Kabupaten Jembrana saja tetapi di seluruh Indonesia dengan memberi masyarakat untuk hidup di lingkungan yang bebas polusi.
Volume total sampah Sehari di Kab. Jembrana Tahun 2010

Sumber: Buku Profil Kabupaten Jembrana 2011
Last Update 19 Maret 2012 

0 komentar:

Posting Komentar

Web Links

Media Sosial

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More