Laman

Minggu, 31 Juli 2016

Sebanyak 23 Tokoh Umat Hindu Kabupaten Jembrana Mendapat Anugerah Jagatnata Hindu Centre Award Dari Yayasan Jimbarwana Kabupaten Jembrana


Anugerah Jagatnata Hincu Centre Award diserahkan di aula Kantor Departemen Agama Kabupaten Jembrana, Minggu (31/7). Penganugrahan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para tokoh asal Gumi Makepung yang dinilai telah bejasa dalam melakoni berbagai hal, baik melalui karya sastra, pembangunan pura, maupun kelembagaan dalam kontek agama Hindu.
Dari 23 tokoh Hindu yang diberikan penganugrahan melalui yayasan di bawah binaan mantan Bupati Jembrana, Ida Bagus Indugosa, baru diawali tahun ini. Mereka yang dapat award kebanyakan sudah meninggal dunia sehingga diwakili ahli warisnya. Penyerahan penghargaan oleh Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, serta Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa.
Serangkaian penyerahan award tersebut, diisi peluncuran 7 buku bernapaskan Hindu karya Ketua Yayasan Jimbarwana Jembrana, Komang Wiasa, termasuk seminar dan darmatula dari Dr Ketut Donder. Ada pun tokoh-tokoh penerima award itu di antaranya Ida Bagus Dosther (Mantan Bupati Jembrana yang pendiri PHDI Pusat), Ida Pedanda Gede Mambal (Pedanda jawatan masa swaparaja Jembrana), Ida Pedanda Gede Sigaran (Pedanda jawatan masa swapraja, seniman drama gong, dan Penulis), Ida Pedanda Istri Putu Sasih (Pedanda tertua usia 100 tahun lebih, sebagai tapini tertua, berjasa nyukat 13 setra serta sejumlah pura melanting di Jembrana), dan I Gusti Putu Windya Anaya (Pencipta geguritan Sang Cangak, pembina umat, serta perintis bangunan suci menggunakan pasir laut).
Pembina Yayasan Jimbarwana Kabupaten Jembrana, Ida Bagus Indugosa, mengatakan penganugrahan yang baru digagas mulai tahun ini direncanakan akan rutin dilaksanakan. Pasalnya, masih banyak tokoh-tokoh serupa lainnya yang belum terkomodir sebagai penerima penghargaan itu. Selain tetap akan mengapresiasi para tokoh agama, pihaknya akan fokus untuk mendorong pengembangkan fungsi Pura Jagatnata secara lebih luas.
Sementara Wabup Kembang, menyambut baik sekaligus mengapresiasi pemberian penghargaan itu. Wabup Kembang juga menyinggung warisan Pura Jagatnata Jembrana, yang akan dilengkapi Kebun Raya jenis tematik untuk sejumlah tanaman usadha maupun tanaman berkaitan dengan yadnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Web Links

Media Sosial

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More